Sabtu, 07 Juni 2014

Senator Madigan dan Xenophon mempertanyakan DFAT di Papua Barat dan Timor-Leste

Komisi Legislasi Urusan Luar Negeri, pertahanan dan perdangangan  pada Parlemen Australia  mengadakan pertemuan komisi pada tanggal 4 Juni 2014.Anggota yang hadir: Senator Dastyari, Edwards, Eggleston, Farrell, Faulkner, Fawcett, Hanson-Young, Kroger, Ludwig, Ian Macdonald, Madigan, McEwen, Milne, Rhiannon, Stephens, Wong, Xenophon.
Senator Madigan: Selamat sore, Tuan-tuan. Saya punya beberapa pertanyaan tentang Papua Barat. Saya bertanya  apakah Aanda dapat menginformasikan komite apa proyek bantuan yang saat ini didanai oleh pemerintah Australia di provinsi Papua Barat?
Mr Cox: Saya akan meminta Ms Corcoran untuk datang dan membantu dalam menjawab pertanyaan itu.
Ms Corcoran: Maukah anda mengulangi pertanyaan please?
Senator Madigan: Apa proyek bantuan yang saat ini didanai oleh pemerintah Australia di provinsi Papua Barat?
Ms Corcoran: Pada saat kami menyediakan berbagai program bantuan. Pada 2012-13 kami menghabiskan sekitar $ 22 juta untuk program bantuan di provinsi Papua. Beberapa dari mereka yang disampaikan secara khusus untuk provinsi-provinsi dan beberapa dari mereka adalah program yang memiliki elemen di Papua dan elemen di seluruh Indonesia. Hanya untuk membawa anda melalui rincian tersebut, melalui Clinton Health Access Initiative, CHAI, kita mengatasi tingginya angka HIV di provinsi Papua. Program ini menyediakan layanan tes HIV dan merawat lebih dari 20.000 orang yang hidup dengan HIV. Program ini berjalan melalui 2012-13 sampai 2015-16.
Di sektor pendidikan kami telah menyediakan 225 beasiswa kepada pelamar dari Papua Barat untuk studi pasca sarjana di Australia sejak tahun 1999. Kami bekerja sama dengan UNICEF tahun 2010 sampai 2013 dan dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan pendidikan dasar di enam kabupaten, meningkatkan perencanaan dan melek huruf dan mengajar berhitung di sekolah.
Dalam pengurangan risiko bencana kami juga bermitra dengan Palang Merah Australia dan Oxfam, membantu pemerintah kabupaten di provinsi-provinsi dan cabang dan masyarakat Palang Merah setempat untuk mempersiapkan bencana alam.
Kami mendukung program pemerintah Indonesia untuk pemberdayaan masyarakat di provinsi Papua yang menyediakan hibah kecil kepada masyarakat untuk membangun infrastruktur vital di provinsi-provinsi. Melalui Kemitraan Australia-Indonesia untuk Pembangunan Desa, yaitu Desa AIPD, kami juga membantu meningkatkan pendapatan petani miskin, termasuk di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Senator Madigan: Bisakah anda mengambil pemberitahuan untuk memberikan komite dengan apa kesehatan dan pendidikan statistik saat ini tersedia untuk provinsi Papua Barat?
Ms Corcoran: Saya dapat mengambil pemberitahuan.
Senator Madigan: Apakah dana DFAT  setiap LSM hak asasi manusia di Papua Barat, dan mana yang mereka jika Anda lakukan?
Ms Corcoran: Saya tidak tahu itu jadi saya akan harus mengambil pemberitahuan juga.
Senator Madigan: Pindah ke Timor-Leste. Saya percaya bahwa saat Australia terlibat dalam dua kasus hukum dengan Timor-Leste. Dampak apakah ini kasus hukum memiliki hubungan Australia dengan Timor-Leste?
Mr Varghese: Kami telah berusaha untuk menangani dua kasus ini dalam konteks hubungan bilateral yang tetap hubungan yang kuat. Jelas karena kita di pengadilan kita memiliki satu set yang sangat berbeda dari posisi pada isu-isu dan kita harus melihat di mana kedua kasus berakhir, tetapi merupakan faktor dalam hubungan bilateral. Itu jelas terjadi tetapi itu tidak berarti bahwa kita tidak terus memiliki hubungan yang sangat kuat dan dekat dengan Timor Leste.
Senator Madigan: Apakah Timor-Leste menyatakan setiap frustrasi dengan proses pemerintah saat ini atau sebelumnya di pengadilan internasional?
Mr Varghese: Kita terlibat dalam litigasi dengan mereka, sehingga mereka juga dapat mengekspresikan frustrasi. Saya tidak mengetahui adanya representasi langsung kepada kami yang mencerminkan frustrasi, tapi itu akan datang dengan wilayah.
Senator Madigan: Pada tahun 2011 saya percaya pemerintah Timor-Leste menolak permintaan pemerintah China untuk membangun sebuah pangkalan di Timor-Leste. Apakah kekhawatiran bahwa departemen?
Mr Varghese: Fakta bahwa mereka menolak permintaan tersebut?
Senator Madigan: Apakah Anda prihatin tentang Cina meminta untuk membangun sebuah pangkalan di Timor Timur?
Mr Varghese: Akhirnya pertanyaan dari kebijakan luar negeri dan keamanan Timor Leste adalah hal-hal untuk Timor Timur. Posisi kami pada semua masalah ini adalah pentingnya setiap inisiatif dan usulan untuk sepenuhnya transparan. Kami tidak membuat keputusan untuk Timor-Leste tentang hubungan mereka dengan negara-negara lain, itu adalah masalah bagi mereka dan negara lain.
Mr Cox: Timor-Leste telah menerima bantuan dari China selama bertahun-tahun. Istana kepresidenan yang dibangun untuk mereka oleh China, seperti kementerian luar negeri. Saya pikir perkembangan normal dari hubungan antara Timor-Leste dan China, seperti hubungan antara Cina dan seluruh wilayah umum, adalah sesuatu yang adalah masalah bagi Timor, sebagai sekretaris mengatakan, tetapi umumnya menyambut membangun hubungan positif dengan negara-negara asing .
Senator Madigan: Jadi departemen tidak khawatir bahwa China sedang mencari untuk membangun basis di sana?
Mr Varghese: Saya tidak berpikir bahwa itu adalah usulan yang benar-benar masuk ke banyak detail. Sampai-sampai tidak mendapatkan di mana saja dan tidak memiliki detail untuk memulai dengan, saya tidak berpikir itu adalah sesuatu yang kita akan selalu harus memberikan banyak perhatian kebijakan.
Senator Madigan: Sebelumnya hubungan kita dengan Indonesia didasarkan pada teori Barwick, Lombok Treaty dan temuan JSCOT. Apa prinsip sekarang untuk departemen dengan hubungan kita dengan Indonesia?
Mr Varghese: The Lombok Treaty masih merupakan elemen yang sangat penting, setidaknya dalam hal hubungan formal antara Australia dan Indonesia, tetapi kerangka keseluruhan di mana kami beroperasi adalah bahwa hubungan dengan Indonesia adalah salah satu dari hubungan kita yang paling penting. Ini memiliki perdagangan ekonomi dan investasi dimensi penting, dimensi geopolitik dan keamanan yang sangat penting dan memperluas people-to-people dimensi. Indonesia merupakan mitra penting kita di lembaga-lembaga regional dan bekerja dengan kami multilateral, sehingga hubungan dalam banyak dimensi, yang semuanya sangat penting dan didukung oleh fakta bahwa kita adalah tetangga, bahwa kami berdua berusaha untuk memiliki strategis yang komprehensif kemitraan dan bahwa kita berdua demokrasi.
Senator Madigan: Apakah Anda percaya bahwa isu-isu hak asasi manusia di tanah di Papua Barat telah meningkat dalam 12 bulan terakhir?
Mr Varghese: Saya pikir tren dengan hak asasi manusia di Papua selama jangka waktu telah jelas positif. Jika Anda membandingkan situasi HAM di provinsi Papua saat ini dengan apa yang mereka 10 tahun yang lalu ada peningkatan yang nyata. Ada terus menjadi persoalan hak asasi manusia dan dalam dialog kami dengan Indonesia kita mengatasi masalah itu dan mendorong mereka untuk mengatasinya. Saya pikir di bawah Presiden Yudhoyono pendekatan resmi ke Papua telah menunjukkan tingkat yang sangat tinggi dari komitmen untuk memastikan pembangunan provinsi dan juga untuk meningkatkan situasi hak asasi manusia.
Senator Madigan: Apakah Anda mampu mencerahkan panitia untuk akses ke Papua Barat untuk media dan / atau hak asasi manusia menonton organisasi?
Mr Varghese: Mr Cox mungkin ingin menambahkan ini. Kami telah mengangkat ini dengan Indonesia. Kami telah mendorong mereka untuk memberikan akses yang lebih besar ke media. Saya pikir mereka telah mengambil beberapa langkah untuk melakukan itu. Bahkan, saya pikir sangat baru-baru ini seorang wartawan SBS telah melakukan kunjungan ke provinsi Papua. Mr Cox mungkin memiliki rincian lebih lanjut.
Mr Cox: Beyond jurnalis, duta besar kita sendiri yang paling baru ada pada bulan November tahun lalu dan kami memiliki tim pejabat dari kedutaan mengunjungi secara teratur. Sebagai sekretaris mengatakan, kami memiliki kelompok pada bulan Februari. Kami memiliki kelompok pejabat akan pada bulan Maret. Saya pikir Mark Davis dari SBS Dateline ada di sana baru-baru ini juga, seperti yang terlihat di televisi tadi malam. Saya pikir ada pembatasan akses wartawan. Hal ini tidak mudah untuk mendapatkan akses, tapi kami terus melakukan advokasi untuk lebih besar dan lebih luas akses dan untuk lebih transparansi tentang situasi di provinsi-provinsi.
Senator Madigan: Terima kasih.
Senator Xenophon: Saya punya beberapa pertanyaan tindak lanjut dalam kaitannya dengan garis Senator Madigan tentang mempertanyakan jika saya mungkin memiliki panggilan.
Ketua: Ya, Anda mungkin memiliki panggilan.
Senator Xenophon: Saya hanya akan pergi ke sekretaris departemen. Ada dua sengketa antara Australia dan Timor-Leste pada saat ini, satu sebelum Mahkamah Internasional dan yang lainnya sebelum panel arbitrase. Apakah itu benar?
Mr Varghese: Itu benar.
Senator Xenophon: Bisakah Anda hanya untuk kejelasan garis-dan saya tidak menyarankan Anda belum
jelas-apa yang disengketakan sebelum Mahkamah Internasional dan sebelum panel arbitrase?

Mr Varghese: Aku akan meminta penasihat hukum senior kami, Ms Cooper, untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan kasus.
Ms Cooper: Anda benar bahwa ada dua kasus di kaki pada saat dengan Timor Leste. Salah satunya adalah di Mahkamah Internasional dan yang lainnya adalah di Pengadilan Tetap Arbitrase. Pada bagian pertama berkaitan dengan penyitaan beberapa dokumen. Itu adalah kasus ICJ oleh ASIO. Ada beberapa langkah-langkah sementara dalam kaitannya dengan itu. ICJ telah mengeluarkan tindakan sementara dalam itu dan akan ada sidang substantif pada akhir tahun ini. Yang kedua adalah arbitrase yang berhubungan secara khusus untuk keabsahan apa yang dikenal sebagai Perjanjian CMATS.
Senator Xenophon: Sehubungan dengan arbitrase
Senator Brandis: Saya minta maaf untuk mengganggu Anda, tapi untuk alasan itu, itu adalah bahwa ada dua set proses yang tertunda saat ini, Anda akan memahami bahwa ada sangat sedikit yang kita dapat mengatakan tentang hal-hal yang subjek sengketa.
Senator Xenophon: Jaksa, terkadang saya senang dengan sangat sedikit. Saya hanya akan terus mengajukan pertanyaan. Saya yakin saya akan berhenti jika ada masalah sendiri atau Ketua. Hal ini tidak berhubungan dengan sengketa dan saya sadar apa yang Anda katakan. Apakah arbitrase sebelum pengadilan internasional atau apa terminologi?
Ms Cooper: Ini adalah Pengadilan Tetap Arbitrase.
Senator Xenophon: Pengadilan Tetap Arbitrase?
Ms Cooper: Ya.
Senator Xenophon: Aku selalu khawatir tentang sesuatu yang disebut permanen. Apakah sebelum itu tubuh daripada Mahkamah Internasional, karena Australia menarik diri dari yurisdiksi maritim dari International Court of Justice kembali pada tahun 2002?
Ms Cooper: Tidak, itu tidak benar.
Senator Brandis: Mungkin aku harus mengambil pertanyaan-pertanyaan ini.
Senator Xenophon: Ya. Saya sangat senang untuk Anda untuk melakukan itu.
Senator Brandis: Saya telah terlibat sangat erat dengan hal ini dalam beberapa bulan terakhir. Ada mekanisme penyelesaian sengketa dan di bawah bahwa mekanisme penyelesaian sengketa dalam perjanjian perselisihan diselesaikan sebelum pengadilan arbitrase, bukan ICJ.
Senator Xenophon: Jadi tidak ada hubungannya dengan Australia menarik diri dari yurisdiksi maritim?
Senator Brandis: Alasan itu dalam sidang arbitrase daripada ICJ adalah bahwa mekanisme penyelesaian sengketa dalam perjanjian menyatakan bahwa itu adalah di mana sengketa diselesaikan dan itu adalah ketentuan yang telah dipanggil.
Senator Xenophon: Terima kasih telah menjelaskan itu. Saya mengerti ini adalah sengketa yang signifikan dengan isu-isu signifikan yang dipertaruhkan. Apakah pemerintah mampu menunjukkan secara luas atau untuk mengambil pemberitahuan berapa banyak yang telah dihabiskan untuk berselisih baik materi sebelum ICJ dan materi sebelum Pengadilan Tetap Arbitrase?
Senator Brandis: Aku akan mengambil pemberitahuan. Seperti yang Anda katakan benar, ini adalah masalah yang cukup signifikan dan ada banyak pengacara yang terlibat. Aku akan mengambil pemberitahuan berapa banyak yang telah dikeluarkan untuk biaya hukum.
Senator Xenophon: Saya senang untuk itu. Jika Anda juga dapat menunjukkan baik waktu departemen dan pengacara eksternal?
Senator Brandis: Bagi Anda, Senator Xenophon, saya akan memperluas bahwa untuk mencakup pejabat Jaksa Agung Departemen meskipun ini bukan perkiraan Jaksa Agung. Bagi Anda saya tidak akan mengambil titik bertele-tele tentang hal ini diminta dalam perkiraan yang salah.
Senator Xenophon: sifat teliti dan cermat dan hukum bukan kombinasi yang buruk kadang-kadang. Ada alasan untuk itu, tapi saya bersyukur Anda tidak akan mendapatkan titik itu. Saya ingin pergi ke masalah ini dalam kaitannya dengan mantan perwira ASIS dikenal sebagai Saksi K. Apakah pemerintah dapat memberi saran apakah paspornya telah disita?
Senator Brandis: Saya tidak akan mengatakan apa-apa tentang Saksi K.
Senator Xenophon: Apakah ada halangan Saksi K hadir untuk menjadi saksi di arbitrase?
Senator Brandis: Saya tidak akan mengatakan apa-apa tentang Saksi K.
Senator Xenophon: Dapatkah saya bertanya Ms Cooper, dengan Pengadilan Tetap Arbitrase, apakah ada ketentuan prosedural, misalnya, bukti yang akan diambil oleh video link?
Ms Cooper: Saya tidak bisa menjawab itu.
Senator Brandis: Itu bisa dilakukan.
Senator Xenophon: Jadi bahkan jika paspor Saksi K disita-dan aku tahu kau tidak bisa katakan apakah itu atau tidak-isu Saksi K mampu memberikan bukti bukan masalah hidup jika dapat dilakukan melalui video link?
Senator Brandis: Saya tidak akan mengatakan apa-apa tentang Saksi K dan saya tidak akan mengomentari masalah dalam proses.
Senator Xenophon: Saya punya satu pertanyaan lebih lanjut tentang ini. Saya hanya akan beberapa menit, Chair. Saya mencoba untuk menjadi cepat tentang hal ini. Ms Cooper, sengketa seperti yang saya mengerti, berkaitan dengan mana garis harus dalam perjanjian antara Australia dan Timor-Leste.
Ms Cooper: Tidak, itu tidak benar.
Senator Xenophon: Itu tidak terjadi?
Ms Cooper: Ini bukan kasus tentang batas maritim.
Senator Xenophon: Jadi tidak berhubungan dengan itu?
Senator Brandis: Ms Cooper adalah benar; itu bukan masalah dalam kasus ini dan dengan 'kasus' Saya bawa Anda mengacu pada arbitrase dan bukan proses di ICJ.
Senator Xenophon: Ya. Maaf saya tidak menjelaskan itu.
Senator Brandis: Itu bukan masalah dalam arbitrase tetapi ketika Anda mengatakan hal ini berkaitan dengan itu, itu tidak dalam arti longgar. Pengadilan tidak diminta untuk membuat perintah dalam kaitannya dengan delimitasi batas maritim. Itu bukan salah satu perintah dicari dalam kasus tersebut.
Senator Xenophon: Apakah itu masalah hidup dalam kasus ini?
Senator Brandis: Itu semua tergantung pada apa yang Anda maksud dengan masalah hidup. Ada pernyataan tertentu yang dibuat dalam arbitrase mengenai pelaksanaan negosiasi. Itulah yang arbitrase adalah tentang. Sekarang, tergantung pada apa hasil dari arbitrase tersebut, maka bukan tidak mungkin bahwa dapat dikenakan pada isu-isu lainnya. Hal ini tidak  persis rahasia negara. Timor Leste tidak puas dengan apa yang mereka lihat sebagai kesepakatan yang terkandung dalam perjanjian tetapi meninjau kembali batas-batas tersebut adalah tidak salah satu alasan lega dicari secara khusus dalam arbitrase.
Senator Xenophon: Terima kasih telah menjelaskan itu. Akhirnya, jika aku bisa pergi ke alur pertanyaan dari

Senator Hanson-Young sehubungan Kamboja-saya ambil dari apa yang Anda katakan, Jaksa, bahwa Anda ingin mendorong Kamboja dan bekerja dengan mereka untuk muncul sebagai negara demokratis atau memperkuat lembaga-lembaga demokratis? Ada laporan di Sydney Morning Herald dari 11 Oktober 2012 sehubungan dengan proyek AusAID di mana sejumlah Kamboja mengeluh tentang proyek. Ini melibatkan pemukiman mereka atau mengungsi dari rumah mereka sehubungan dengan proyek kereta api. Mr Cox, saya tidak tahu apakah anggukan itu dalam kaitannya dengan pertanyaan atau sesuatu yang lain saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar