Jumat, 29 Agustus 2014

Senator John Madigan: Pemerintah seharusnya tidak menutup mata atas persoalan West Papua

Sumber Radio Australia
Pemerintah seharusnya tidak menutup mata terhadap pengobatan di Indonesia dari Papua Barat, Senator Madigan mengatakan

Partai Buruh Demokrat Senator John Madigan telah mendesak pemerintah Australia untuk tidak menutup mata terhadap pengobatan di Indonesia dari penduduk asli provinsi Papua.
Menteri Luar Negeri Julie Bishop pekan ini menandatangani Kode Etik perjanjian dengan Indonesia untuk meningkatkan kerjasama intelijen dan besi keluar ketegangan atas kegiatan mata-mata Australia terhadap Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan lingkaran dalamnya.
Perjanjian tersebut diharapkan dapat memperbaiki hubungan Australia dengan Indonesia.
Senator Madigan mengatakan pemerintah tidak boleh lupa situasi di Papua Barat, yang menghadapi konflik mirip dengan yang di Timor Timur.
"Saya pikir kita perlu belajar dari kesalahan masa lalu - Balibo 5, aneksasi Timor Timur - situasi yang kita miliki di Papua Barat [adalah] bahwa kita ingin melihat jelas, transparan, pemerintahan yang demokratis," kata Senator Madigan.
Dua wartawan Perancis dipenjara bulan ini oleh pihak berwenang Indonesia untuk tidak mendapatkan visa yang benar.
Apakah Papua Barat Abbott Timor Timur?
Tracee Hutchinson bertanya apa peran Pemerintah Australia akan memiliki dalam pergerakan menuju kemerdekaan Papua Barat.
Polisi setempat telah menyuarakan keprihatinan kegiatan wartawan bisa "mengacaukan" Papua.
Awal bulan ini, lima pemberontak separatis ditembak mati dalam bentrokan dengan militer Indonesia.
"Kami punya masalah di depan rumah kami sendiri dan namun mereka tampaknya tidak mendapatkan menyebutkan," kata Senator Madigan.
"Saya menyadari, seperti halnya mayoritas warga Australia, yang kita ingin mengembangkan hubungan baik dengan Indonesia, tapi setiap hubungan didasarkan pada kemampuan untuk berbicara dengan cara yang kuat dan benar, selain itu hubungan cacat."
Kemenangan Indonesia ini presiden terpilih Joko Widodo dalam pemilihan Juli telah menimbulkan harapan untuk meningkatkan demokrasi di negara kepulauan, tapi Senator Madigan mengatakan situasi Papua Barat menunjukkan Indonesia masih memiliki cara untuk pergi.
"Indonesia berada di jalan untuk menjadi demokrasi yang lebih hidup dan seluruh warga Australia akan mendukung itu, tapi untuk menjadi negara demokrasi, Anda harus memiliki transparansi, dan kami memiliki laporan berkelanjutan yang terus datang secara teratur kekejaman di sana," katanya .
"Kita semua tahu bangsa Indonesia adalah, kelompok yang sangat beragam besar pulau dan Indonesia, karena semua pemerintah, memiliki tantangan tetapi kita perlu mendorong pemerintah Indonesia untuk bertindak secara bertanggung jawab secara adil kepada semua orang mereka.
"Tempat saya percaya kita dapat memiliki pengaruh terbesar dalam urusan dunia awalnya di halaman belakang kita sendiri ... Kita bicara tentang orang-orang, kita sedang berbicara tentang kehidupan masyarakat dan saya tidak akan akan terlibat dengan diam saya."
Madigan mendorong masalah dengan sesama crossbenchers
Senator Madigan telah meningkatkan kesadaran tentang konflik Papua Barat dengan sesama senator crossbench yang memegang keseimbangan kekuasaan di Senat.
"[Senator Independen] Nick Xenophon dan saya sering berbicara tentang hal itu -. Kami sudah banyak percakapan tentang masalah ini saya telah disebutkan kepada yang lain sesama senator crossbench saya," katanya.
"Saya berpikir bahwa itu adalah proses pendidikan, itu adalah proses berdiskusi tenang tentang masalah ini, dan hal itu harus terjadi.

"Saya telah mengangkat isu Papua Barat pada banyak kesempatan di Parlemen dalam tiga tahun dan saya akan terus melakukannya untuk seberapa lama aku di sini, sampai saat kita mendapatkan beberapa hasil yang nyata bagi orang-orang ini."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar