Kamis, 26 Maret 2015

Benny Wenda: 'deportasi saya adalah hasil dari kesalahpahaman'

Siaran Pers 26 Maret 2015

Benny Wenda, juru bicara Persatukan Gerakan Pembebasan Papua Barat, yang dideportasi dari Papua Nugini saat ini, percaya bahwa masalah visanya adalah masalah teknis yang bisa diselesaikan.
"Saya percaya bahwa deportasi saya adalah hasil dari kesalahpahaman" kata Mr Wenda.
"Saya menghormati keinginan pemerintah Papua Nugini. Saya pikir masalah visa adalah masalah teknis dan saya yakin bahwa itu akan diselesaikan sehingga saya bisa kembali ke Papua Nugini.
"Saya ingin berterima kasih secara pribadi Perdana Menteri Papua Nugini, Peter O'Neill Bapak. Tiga kali sekarang Perdana Menteri telah berbicara untuk Papua Barat. Kata-katanya sangat menghargai. Baru-baru ini, pada bulan Februari, Perdana Menteri mengatakan: “ Kadang-kadang kita lupa keluarga kita sendiri, saudara-saudara kita sendiri, terutama di Papua Barat .... Kami memiliki kewajiban moral untuk berbicara bagi mereka yang tidak diizinkan untuk berbicara. Kita harus menjadi mata bagi mereka yang ditutup matanya. Sekali lagi, Papua Nugini adalah pemimpin regional. Kita harus memimpin dalam berdiskusi dewasa dengan teman-teman kita dengan cara yang lebih padat dan menarik”.
"Ini adalah pernyataan terkuat yang pernah dibuat atas nama Papua Barat oleh Perdana Menteri Papua Nugini. Sebagai pemimpin ULMWP saya ingin Perdana Menteri untuk mengetahui bahwa kita siap untuk masuk ke dalam diskusi. Kami adalah satu suara bersatu.
"Perdana Menteri menyebut Papua Barat 'orang-orang kami', 'keluarga kita sendiri' dan 'saudara-saudara kita. Itu berarti banyak bagi kami. Saya datang ke Papua Nugini untuk mencari nya, seluruh pemerintah, dunia usaha dan masyarakat sipil mendukung untuk membawa Papua Barat kembali ke keluarga Melanesia.
"Mendukung aplikasi ULMWP untuk keanggotaan penuh di Melanesia Spearhead Group adalah jalan ke depan untuk menyelesaikan masalah Papua Barat.
"Selama 50 tahun kami telah dibagi oleh pemerintah Indonesia. Sekarang kita menyadari bahwa. Dibantu oleh teman-teman kita di Vanuatu kita telah datang bersama-sama - semua kelompok perlawanan - untuk membentuk Persatuan Gerakan Pembebasan  untuk Papua Barat. Pemerintah Indonesia membunuh kita. Setengah juta orang telah tewas.
"Cukup sudah. Sekarang kita kembali ke akar kami. Kami akan kembali ke keluarga Melanesia kami. Kami tidak pernah menyerah. Kami terus berjuang sampai kita adalah orang-orang bebas. "

Benny Wenda di Brisbane pekan ini untuk pertemuan dengan kelompok-kelompok solidaritas Australia dan Selandia Baru. Dia akan bergabung dengan Octo Mote, Sekretaris Jenderal dan Jacob Rumbiak dan Rex Rumakiek, anggota sekretariat ULMWP sebelum melanjutkan tur Melanesia nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar