Selasa, 24 Maret 2015

Siaran Pers-Benny Wenda di Papua Nugini

Perhatian  utnuk Semua Global Media - Benny Wenda di Papua Nugini
Benny Wenda pemimpin kemerdekaan Papua Barat dan Juru Bicara Gerakan Serikat Pembebasan Papua Barat tiba di Papua Nugini kemarin dan tiba-tiba ditahan oleh pihak imigrasi PNG. Hari ini Bapak Wenda masih ditahan oleh pihak imigrasi dan sekarang sedang terancam dideportasi. Ini terjadi walaupun perintah langsung dari Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri untuk memungkinkan Mr Wenda masuk PNG.
Tampaknya pengaruh Indonesia di pihak imigrasi PNG sangat kuat hari ini karena kepala layanan imigrasi di bandara PM menolak untuk menerima panggilan dari Perdana Menteri PNG dan mengatakan bahwa ia berniat untuk mendeportasi Mr. Wenda.
Sebelumnya hari ini Mr Wenda menjelaskan kepada media bahwa ia akan datang ke PNG mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri untuk laporan baru-baru ini menjadi perhatian bagi orang-orang Melanesia Papua Barat dan untuk singkat Menteri Luar Negeri PNG pada perkembangan terbaru. Mr Wenda mengatakan bahwa "Gerakan Serikat Pembebasan Papua Barat berusaha untuk mengajukan permohonan keanggotaan MSG dan saya akan singkat PNG tentang kemajuan aplikasi dan tentang situasi di Papua Barat pada umumnya."
Mr Wenda mengatakan "Aku datang kembali ke tanah air ini nenek moyang kita mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri Papua Nugini untuk menunjukkan dukungan yang kuat untuk menghentikan penderitaan rakyat kita di Papua Barat dan saya juga datang untuk mencari dukungan dari sesama Melanesia saya membantu Papua Barat. Kampanye kami untuk kebebasan untuk Papua Barat adalah gerakan yang sah, damai dan demokratis yang telah berdiri dalam menghadapi genosida Indonesia dari orang Melanesia di Papua Barat. Suatu hari kita akan hidup dalam damai dan kebebasan sebagai bangsa yang merdeka dan kita akan menjadi tetangga yang baik dengan Indonesia ".
Mr Wenda menyatakan, "sebagai Melanesia itu adalah hal yang normal bagi saya untuk melakukan perjalanan ke negara-negara Melanesia lainnya untuk membahas situasi dengan semua saudara-saudara saya Melanesia. Kita semua adalah satu orang Melanesia bersama-sama. "Kata Wenda" minggu lalu tentara Indonesia membunuh aktivis Papua di Papua Barat yang sedang berkampanye dan mengumpulkan uang untuk bantuan Topan di Vanuatu ". "Ini adalah kesalahan besar dengan Indonesia". Mr Wenda melanjutkan, "itu cukup menjijikkan, tentara Indonesia bahkan mencuri uang orang Papua telah dikumpulkan untuk bantuan bencana Vanuatu bersama dengan dana lainnya. Sekarang Indonesia adalah mengerahkan pengaruh yang tidak semestinya pada pihak imigrasi PNG tapi aku tahu bahwa PNG adalah negara berdaulat dan tidak akan membiarkan ini ".

Mr Wenda kemudian berkata: "Saya benar-benar membutuhkan dukungan dari saudara-saudara saya Melanesia. Silakan memberitahu semua orang tentang situasi ini, dan mendukung Perdana Menteri dalam keputusannya untuk mengizinkan saya masuk ke Papua New Guinea dan dalam mendukung mengakhiri penderitaan rakyat Papua Barat kami. Saya yakin bahwa sesama keluarga Melanesia saya akan selalu mendukung orang-orang kami, wantoks kami di Papua Barat. Terima kasih banyak "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar