Senin, 18 Mei 2015

Pemimpin Papua Barat Benny Wenda ditolak masuk oleh Amerika Serikat

Press release:

Pukul 14.00, 13 Mei 2015 Amerika Serikat (AS) kantor keamanan tanah air berhenti pemimpin Papua Barat Kemerdekaan Mr Benny Wenda dari naik pesawat Virgin Atlantic dari London ke Los Angeles.
Setelah check-in staf ditemukan peringatan pada sistem paspor mereka, Mr Wenda ditanyai oleh seorang pejabat Securiti dari kantor biro Negeri AS di Bandara Heathrow, London.
Mr Wenda mengatakan resmi: "Saya seorang aktivis HAM dari Papua Barat, saya diasingkan dan saya berkampanye untuk Papua Barat."
Setelah membuat panggilan telepon pejabat AS mengatakan kepada Mr Wenda bahwa visa AS-nya telah dicabut, namun menolak untuk mengatakan mengapa. Dia mengatakan kepada Mr Wenda untuk menghubungi kedutaan besar AS.
Mr Wenda dikeluarkan visa bisnis sepuluh tahun pada bulan Oktober 2014 dan telah membuat satu kunjungan ke staf Kongres di Capitol Hill di Washington menggunakannya.
Mr Wenda ditetapkan untuk memulai tur pidato  dari California dan Hawaii atas undangan kelompok AS mendukung Kampanye Papua Merdeka Barat. Menunggu penjelasan dari Pemerintah AS, jadwal dua minggu yang sibuk peristiwa bergerak maju tanpa Mr Wenda. Kampanye Papua Barat Gratis di California sekarang bahkan lebih bertekad untuk menaikkan suara yang Indonesia berusaha untuk membungkam.
Upaya untuk mendapatkan jawaban oleh Kampanye Papua Merdeka Barat (FWPC) di London dan Washington sejauh ini bertemu dengan keheningan. The FWPC sangat ingin tahu mengapa hak sah Benny Wenda untuk membebaskan pidato di AS telah membatalkan dan bekerja untuk mencoba dan mendapatkan visa nya dipulihkan.
Mr Benny Wenda mengatakan:
"Saya berharap bahwa para pejabat AS menanggapi situasi saya segera sehingga saya dapat bergabung tur. Kepedulian tumbuh dari orang-orang, politisi dan pejabat PBB di Amerika Serikat tentang genosida yang sedang berlangsung di Papua Barat. Saya tertarik untuk tindak lanjut undangan mereka untuk mengatasi penonton ini dan mendesak tindakan politik oleh Pemerintah AS. "
FWPC berharap bahwa masalah ini tidak lebih dari cegukan birokrasi. Namun hal ini bukan pertama kalinya bahwa Mr Wenda telah dicegah bepergian ke AS. Pada tahun 2005 dan 2013 ia aplikasi visa ditolak dan kemudian melanjutkan untuk berhasil menerapkan untuk saat ini visa bisnis sepuluh tahun itu.
Mr Wenda berkomentar:

"Saya telah melakukan perjalanan ke Amerika Serikat beberapa kali untuk pertemuan dengan perwakilan politik, kelompok dan gereja. Saya juga menghadiri pertemuan dengan para pejabat Departemen Luar Negeri yang mengatakan kepada saya bahwa mereka menyetujui lobi dan kerja kampanye. Jadi Anda bisa bayangkan betapa terkejutnya saya ketika visa sepuluh tahun saya dicabut tanpa pemberitahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar